Menulis 3 Alinea


RESUME 1

MENULIS TIGA ALINEA

Hari ke-1

Kamis, 26 Maret 2020

Oleh :

Solehadin Kusnendi, S.Pd.SD.,M.Pd.

SDN 1 Talagajaya Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat



Menulis tiga alinea pada pembukaan Belajar Menulis dihadirkan gambar sepiring siomay. Dari sebuah gambar tersebut muncul berbagai tulisan berdasarkan versi masing-masing. Peserta akan menulis dari sudut pandang serta kebahasaannya masing-masing. Dari satu gambar tesebut akan lahir banyak ide jika kita memang mau untuk memulai untuk belajar menulis.


Menulis 3 alinea dimulai dari alinea pembukaan, isi dan Penutup. Mulailah menulis dari pembukaan yang menggoda, isi yang lengkap dengan 5W+1H dan Buatlah kalimat penutup yang berkesan. Ketiga alinea tersebut akan menarik bila dikemas dengan Bahasa yang kreatif.

Memulai menulis memang dirasa sangat susah apalagi bagi seseorang yang memiliki perbendaharaan kata yang terbatas. Maka untuk mengatasi hal tersebut adalah:

1.     Paksakan, maka lama-kelamaan akan menjadi terbiasa

2.     Perbanyak membaca untuk mencari inspirasi dalam tulisan kita.

3.     Ketika mengalami kebuntuan ide, refres otak kita dengan cara diistirahatkan

4.     Tuangkan ide-ide kita dalam tulisan yang memang berbeda dengan orang lain

5.     Gunakan bahasa yang baik dan mudah dicerna agar pesannya tersampaikan kepada pembaca

6.     Jangan takut salah, tulis saja ide yang layaknya seperti air mengalir. Adapun jika terdapat ketidaksesuaian dapat diedit kemudian.

Demikianlah resume kuliah malam ini. Semoga bermanfaat untuk pembaca. Terutama buat mereka yang baru saja belajar menulis. Ingatlah selalu bahwa menulis itu menyenangkan.






Komentar

Posting Komentar