Selamat Hari Pahlawan 10 November 2023

 


Hari ini SMP Labschool Jakarta mengadakan upacara untuk memperinganti hari pahlawan. Setiap tanggal 10 Nopember eh November kita bangsa Indonesia selalu mengadakan acara perngatan hari pahlawan. Kegiatan ini dilaksanakan agar bangsa Indonesia mengenang para pahlawannya yang telah gugur dalam kemerdekaan republik Indonesia.


Isi


Tulisan Omjay dalam kompasiana ini dibagi menjadi 5W plus 1H, omjay gunakan rumus ini untuk memudahkan menulis di hari pahlawan. Menulis itu mudah, janganlah dibuat susah. Kita bisa menuliskan liputan kegiatan hari pahlawan dengan gaya bahasa kita. Alhamdulillah bila bisa masuk artikel utama kompasiana, hehehe.



What, apa yang Omjay lihat selama hari pahlawan ini?


Omjay melihat banyak orang Indonesia yang merayakan hari pahlawan dengan penuh hikmat dan keceriaan. Mereka mengenang jasa pahlawan bangsa. Berkat perjuangan merekalah Indonesia bisa merdeka seperti saat ini.


Para pahlawan berjuang untuk kemerdekaan Indonesia. Para pahlawan juga berjuang dalam mengisi kemerdekaan bangsa. Tugas kita sekarang semakin berat. Sebab Indonesia harus berdiri sejajar dengan bangsa lainnya di dunia internasional.


Who, siapa saja orang yang Omjay temui di hari pahlawan ini?


Omjay bertemu dengan kawan-kawan guru, kawan-kawan tenaga kependidikan, serta pimpinan sekolah. Omjay juga bertemu murid-murid TK Labschool Jakarta yang hari ini kut upacara memperngati hari pahlawan. Lucu sekali mereka dan mampu berbaris rapi seperti halnya orang dewasa upacara.


Where, dimana kegiatan upacara memperingati hari pahlawan?


Kegiatan upacara dlaksanakan di lapangan upacara SMP dan SMA Labschool Jakarta. Semua siswa SMP Labschool Jakarta diminta berkumpul di lapangan upacara. Sementara itu, siswa SMA Labschool Jakarta masih berada di Bandung dan Bali. Mereka sedang melaksanakan kegiatan belajar di luar kelas.


When, kapan kegiatan peringatan hari pahlawan dilaksanakan?


Kegiatan peringatan hari pahlawan dilaksanakan tanggal 10 Nopember 2023 mulai pukul 07.00-08.00 WIB. Kami semua berkumpul di lapangan upacara, dan membaca doa untuk jasa para pahlawan bangsa.


Peringatan hari Pahlawan Nasional sendiri dlaksanakan merujuk pada salah satu peristiwa bersejarah bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia saat itu mempertahankan kemerdekaan. 


Hari peringatan ini menjadi momen untuk mengenang perjuangan para pahlawan bangsa saat memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan dari penjajah. banyak pahlawan yang gugur dalam mengusir penjajah dari bumi Indonesia.


Why, mengapa ada peringatan hari pahlawan?


Peringatan hari pahlawan dilaksanakan dengan maksud adalah untuk mengenang dan menghormati jasa serta perjuangan para pahlawan bangsa yang telah gugur dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Kala itu, mereka melawan pasukan Belanda yang hendak merebut kembali wilayah Indonesia. Oleh karena itu, tanggal 10 November dipilih sebagai Hari Pahlawan.


Mengutip dari laman resmi Kementerian Sosial (Kemensos) tanggal 10 November ditetapkan sebagai Hari Pahlawan Nasional melalui Keppres Nomor 316 Tahun 1959. Hari Pahlawan ini ditetapkan tepatnya pada tanggal 16 Desember 1959.


How, bagaimana kegiatan peringatan hari pahlawan yang dilaksanakan di SMP Labschool Jakarta?


Alhamdulillah kegiatan upacara hari peringatan hari pahlawan berjalan lancar dan kita semua berdoa dengan khusyuk agar semua pahlawan bangsa diterima amal ibadahnya dan ditempatkan di surga. Setelah pelaksanaan upacara bendera, seorang siswa SMP Labschol Jakarta memotret Omjay yang baru saja melaksanakan upacara bendera di SMP Labschool Jakarta.


Penutup


Demikianlah kisah Omjay di hari pahlawan ini. Semoga kita semua mampu menjadi pahlawan buat keluarga kita, dan bukan menjadi pahlawan kesiangan. Selamat hari pahlawan kawan-kawan kompasiana. Semoga sehat selalu dan sejahtera. Aamiin.


Salam Blogger Persahabatan


Omjay


Guru Blogger Indonesia


Blog https://wijayalabs.com




Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul "Selamat Hari Pahlawan Kawan-Kawan Kompasiana", Klik untuk baca:

https://www.kompasiana.com/wijayalabs/654d8752ee794a01c8139fb2/selamat-hari-pahlawan-kawan-kawan-kompasiana


Kreator: Wijaya Kusumah





Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Tulis opini Anda seputar isu terkini di Kompasiana.com

Komentar