Catatan Kecil Kuliah Online Bersama Pak Agus Sampurno

Awal saya coba goreskan catatan kecil saya tentang pengalaman ilmu luar biasa semalam ..... Christine Nur Oktavia.... resume dari saya om jay....

Ketika tiba-tiba saya mendapat undangan untuk bergabung di suatu group wa dari om jay, saya langsung berfikir, pasti ini adalah sebuah tawaran yang akan membuka cakrawala saya mengenai sesuatu hal yang luar biasa, tanpa banyak berfikir, langsung saya ikuti undangan group tersebut.
Benar saja dalam group itu akan diadakan suatu kegiatan yang luar biasa, kita akan diajak untuk belajar menulis dari orang – orang yang luar biasa. Setiap berganti menit, saya mencermati pertambahan anggota, dan semakin mendekati angka yang dijanjikan untuk dapat memulai kegiatan yang menjadikan saya tidak sabar untuk mengikuti.
Dan alhamdulillah, malam ini tgl 24 Januari 2020 jam 19.00 WIB saya mendapatkan kegiatan baru yang luar biasa. Melalui bapak Agus Sampurno Hari ini saya mendapatkan sebuah pengalaman baru dalam keseharian dan rutinitas saya sehari – hari. Materi yang disajikan bapak Agus cukup inspiratif, tentang teknologi.
Awal, kami diminta untuk mengisi kuesioner, yang paling saya ingat apa yang merupakan tantangan dan perubahan dalam suatu inovasi? Salah satu jawaban dari saya adalah KESEMPATAN dan NIAT
Mungkin karena selama ini saya seringkali merasa kurang mendapatkan satu kesempatan yang luar biasa untuk dapat melakukan inovasi. Dan saat saya mendapatkan kesempatan tersebut terkadang niat dalam diri saya belum dapat muncul.
Pak Agus Sampurno menyampaikan beberapa hal :
SALAH PAHAM MENGENAI INOVASI
1. Inovasi tidak melulu soal teknologi
2. Inovasi hanya lahir dari kepala sekolah yg hebat kemudian guru tinggal melaksanakan.
3. Inovasi adalah produk. Padahal inovasi adalah budaya.
4. Inovasi sama dengan kreativitas
5. Inovasi lahir dari sekumpulan orang pintar
6. Inovasi lahir dari kesulitan alias the power of kepepet.
7. Inovasi lahir begitu saja.
8. Inovasi lahir karena dipaksa
Hambatan inovasi menurut kaum pendidik dan pemimpin di sekolah
1. Ujian nasional
2. Pihak dinas
3. Rekan sekerja
4. Input siswa
5. Waktu yg sedikit
6. Bullying antar guru
7. Kepala sekolah atau rekan sekerja yg cuek 8. Biaya
9. Sarpras
10. Kurikulum
11. Orang tua siswa 12. Kewajiban membuat administrasi pengajaran
DUA JENIS PERUBAHAN YG TERJADI DI DUNIA PENDIDIKAN
1. DISRUPTIVE. Perubahan bersifat memaksa. Aplikasi Ruang Guru misalnya ia bukan mengantikan peran guru. Aplikasi tsb hanya menggantikan guru yg malas, yg mabuk akan status PNS namun malas belajar kembali, guru yg bahagia mengajar sekedar nya saja apalagi ditunjang oleh kepsek yg cuek .
2. INCREMENTAL. Mungkin tafsirannya adalah perubahan yg terstruktur, melibatkan semua pihak, didokumentasikan dan dirayakan saat ada perubahan/perbaikan sekecil apapun itu. Open minded terhadap kesalahan. Menjadikan kesalahan sebagai batu lompatan
Pak Agus memulai cerita mengenai Google. Sebagai perusahaan mereka punya rasio 80:20
Artinya 80 persen waktu karyawan nya digunakan utk mengerjakan tugas atau pekerjaan wajib nya
Sementara 20 persen digunakan utk bereksperimen yang difasilitasi oleh perusahaan dgn memberikan kesempatan utk berpresentasi di depan petinggi perusahaan. Karyawan yang inovasi nya dipandang berharga akan diberi pembiayaan.
Cakupan inovasi cukup luas, dan memang benar bahwa generasi saat ini menyukai teknologi.
Saat yg sama guru bisa menggabungkan keduanya misalnya dengan melakukan inovasi dalam proses pembelajaran dahulu baru dicari apakah ada teknologi yg bisa mendukung.
Misalnya guru yg berinovasi membuat siswanya rajin dan menjadi pandai menulis kemudian belajar cara membuat blog utk kelasnya. Agar tulisan siswanya bisa dibaca lebih luas audiens nya.
Jadi mesti aspek pedagogik dahulu baru teknologi.
Bisa mulai dengan prinsip ATM
 Amati
 Tiru
 Modifikasi
Sebuah solusi pemecahan masalah hanya bisa disebut inovatif bila:
1. Memberikan solusi
2. Berbiaya murah
3. Mudah ditiru
4. Gampang dilacak bukti perubahan nya
banyak manfaat dalam menulis di blog
1. Makin mencintai dunia pendidikan
2. Promosi dalam bidang pekerjaan.
3. Menjadi pembicara.
1. Menulislah singkat singkat saja. Seth Godin yang tiap hari menulis diblognya dengan singkat namun padat pengetahuan dan intisari pengalaman.
2. Jika sudah terbiasa menulis maka akan merasa kurang jika belum menutup hari dengan menulis.
3. Menuliskah dimana saja dan dengan alat apa saja.
Menulis blog berarti anda bersedia untuk keluar dari zona nyaman.
Hal ini dikarenakan:
1. Anda secara tidak sadar akan menekuni hal baru yang diperlukan kesabaran dan kesadaran dalam berbuat
2. Anda akan tersenyum saat ingat pertama kali anda memulai
3. Anda akan menginspirasi orang lain
Materi yang luar biasa dari bapak Agus Sampurno....

Komentar