Resume Pertemuan keempat bersama pak Taufik Hidayat


BELAJAR MENULIS GELOMBANG 2

RESUME MATERI TANGGAL 30 Januari 2020
Pemateri: Bapak Taufik Hidayat “Penulis perjalanan wisata”

Pemateri merupakan seorang penulis perjalanan wisata. Pemateri telah melakukan kunjungan ke lebih dari 70 negara, dan menuangkannya menjadi artikel. Pemateri memiliki beberapa artikel perjalanan di beberapa media online seperti Kompasiana, UC News, dan Detik travel.

Pemateri juga membukukan perjalanannya menjadi buku, diantaranya 1001 masjid di 5 benua. Artikel perjalanan yang dibuat oleh pemateri dilengkapi dengan foto-foto menarik yang diambil sendiri ketika melakukan perjalanan. Motivasi penulisan artikel 1001 masjid ini untuk melihat keberagaman umat Islam di dunia, terutama di tempat-tempat yang pernah disinggahi penulis. Selain menulis tentang keberagaman umat islam, pemateri juga pernah menceritakan tentang pengalaman perjalanannya dan dihubungkan dengan peristiwa mistis yang terdapat pada tempat yang disinggahi.
Tips dan kiat penulisan artikel dari pemateri adalah:
1.       Menjadi penulis tidak harus memiliki latar belakang pendidikan bahasa, namun penulis harus memiliki niat menulis, mencoba menulis apapun, mengalirkan ide dan memperbanyak mempelajari bahasa
2.       Tulisan harus memiliki judul yang menarik pembaca. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan memilih kata-kata yang menimbulkan rasa ingin tahu, menyelipkan nama tokoh terkenal, mengambil sebagian judul film, mengambil petikan lirik lagu.
3.       Membuat banyak foto ketika melakukan kunjungan, karena kita dapat menulis dengan melihat foto.
4.       Artikel dapat juga memuat percakapan agar tidak membosankan.
5.       Gaya bahasa yang digunakan bebas, bisa sebagai orang pertama, orang ketiga.
6.       Menulis dapat sesuai aliran waktu, dapat pula memberikan alur flash back untuk kejutan pembaca agar tidak menimbulkan kebosanan.
7.       Tipe paragraf yang umum digunakan untuk suatu artikel perjalanan adalah deskripsi dan narasi.
8.       Agar memiliki segmen pembaca, penulis sebaiknya membangun branding dengan konsisten menulis di suatu bidang tertentu.
9.       Sedapat mungkin menghindari kutipan dari artikel lain, jika terpaksa tetap harus dituliskan sumber kutipan.
10.   Tulisan juga bisa disusun dari membaca brosur, dengan ditambah pengembangan dari imajinasi penulis dan tambahan wawasan dari penulis.


Indinah Dwi Wahyu Palupi
SMA Negeri 1 Lumajang

Komentar